Dajjal merupakan fitnah yang besar untuk manusia di akhir era, tidak terkecuali untuk umat islam. dengan keahlian dan juga kekokohannya yang aneh, banyak manusia hendak jadi pengikutnya.
tetapi rasulullah lebih mengkhawatirkan umatnya hendak akhir jaman, bagaikan berikut :
bersumber dari planetmuslim, dari hadits - hadits shahih yang mencerahkan tentang dajjal, disebutkan kalau dajjal dapat berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain secara kilat.
dajjal dapat memanggil syetan supaya menyamai orang yang telah wafat buat berjumpa dengan anaknya supaya mengakui dajjal bagaikan tuhan.
dajjal pula dapat ‘mendatangkan’ hujan dan juga memerintahkan barang mati menuruti keinginannya. banyak orang yang tertipu dengan kehebatan dajjal. karenanya, rasulullah mengkhawatirkan umatnya atas fitnah dajjal ini.
tetapi, terdapat perihal yang lebih dikhawatirkan rasulullah atas umatnya daripada fitnah dajjal. apa itu? abu sa’id angkatan laut (AL) khudri meriwayatkan:
خَرَجَ عَلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - وَنَحْنُ نَتَذَاكَرُ الْمَسِيحَ الدَّجَّالَ فَقَالَ أَلاَ أُخْبِرُكُمْ بِمَا هُوَ أَخْوَفُ عَلَيْكُمْ عِنْدِى مِنَ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ. قَالَ قُلْنَا بَلَى. فَقَالَ الشِّرْكُ الْخَفِىُّ أَنْ يَقُومَ الرَّجُلُ يُصَلِّى فَيُزَيِّنُ صَلاَتَهُ لِمَا يَرَى مِنْ نَظَرِ رَجُلٍ
“rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menghadiri kami sebaliknya kami masih membicarakan angkatan laut (AL) masih angkatan darat (AD) dajjal. hingga dia bersabda, ‘maukah kamu saya beritahu suatu yang lebih saya khawatirkan atas kamu daripada angkatan laut (AL) masih angkatan darat (AD) dajjal? ’ kami menanggapi, ‘mau, ya rasulallah. ’ dia bersabda, ‘syirik khafi. ialah seorang mendirikan shalat, kemudian ia memperindah shalatnya karna terasa terdapat orang yang memandang shalatnya. ’” (hr. ibnu majah; shahih)
inilah perihal yang lebih dikhawatirkan rasulullah mengenai umatnya daripada datangnya dajjal. sririk khafi. syirik yang samar.
begitu samar dapat jadi orang tidak menyadari kalau pribadinya telah berbuat demikian. salah satu contohnya merupakan memperindah shalat karna terasa dilihat orang.
pada tulisan angkatan laut (AL) ma’un disebutkan kalau terdapat orang yang menunaikan shalat tetapi celaka. ialah orang yang lalai dalam shalatnya.
diantara wujud kelalaian itu merupakan dia melalaikan allah, namun malah memikirkan orang yang memandang shalatnya. dia tidak ingat allah, namun ingat betul terhadap manusia yang memandang pribadinya.
seberapapun bahaya dajjal, dia nampak dan juga mampu dikenal tanda - tandanya secara raga. tetapi soal syirik khafi ini, dia begitu halus sampai - sampai orang yang tengah shalat juga dapat terserang.
seberapapun bahaya dajjal, dia tidak dapat merambah makkah dan juga madinah. tetapi soal syirik khafi ini, dia dapat mengenai muslim mana juga tercantum yang tinggal di makkah dan juga madinah.
ayo kita berdoa mudah - mudahan dilindungi allah dari segala syirik, baik syirik yang terang - terangan (syirik jali) ataupun syirik yang samar - samar (syirik khafi) :
اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ أُشْرِكَ بِكَ وَأَنَا أَعْلَمُ ، وَأَسْتَغْفِرُكَ لِمَا لا أَعْلَمُ
“ya allah, saya berlindung kepada - mu dari perbuatan syirik yang kuketahui dan juga saya meminta ampun kepada - mu dari dosa syirik yang tidak kuketahui”.
wallahu a’lam bish shawab.
( sumber : http:// www. wajibbaca. com/2017/08/fitnah-akhir-zaman-ini-yang-lebih. html )
tetapi rasulullah lebih mengkhawatirkan umatnya hendak akhir jaman, bagaikan berikut :
bersumber dari planetmuslim, dari hadits - hadits shahih yang mencerahkan tentang dajjal, disebutkan kalau dajjal dapat berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain secara kilat.
dajjal dapat memanggil syetan supaya menyamai orang yang telah wafat buat berjumpa dengan anaknya supaya mengakui dajjal bagaikan tuhan.
dajjal pula dapat ‘mendatangkan’ hujan dan juga memerintahkan barang mati menuruti keinginannya. banyak orang yang tertipu dengan kehebatan dajjal. karenanya, rasulullah mengkhawatirkan umatnya atas fitnah dajjal ini.
tetapi, terdapat perihal yang lebih dikhawatirkan rasulullah atas umatnya daripada fitnah dajjal. apa itu? abu sa’id angkatan laut (AL) khudri meriwayatkan:
خَرَجَ عَلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - وَنَحْنُ نَتَذَاكَرُ الْمَسِيحَ الدَّجَّالَ فَقَالَ أَلاَ أُخْبِرُكُمْ بِمَا هُوَ أَخْوَفُ عَلَيْكُمْ عِنْدِى مِنَ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ. قَالَ قُلْنَا بَلَى. فَقَالَ الشِّرْكُ الْخَفِىُّ أَنْ يَقُومَ الرَّجُلُ يُصَلِّى فَيُزَيِّنُ صَلاَتَهُ لِمَا يَرَى مِنْ نَظَرِ رَجُلٍ
“rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menghadiri kami sebaliknya kami masih membicarakan angkatan laut (AL) masih angkatan darat (AD) dajjal. hingga dia bersabda, ‘maukah kamu saya beritahu suatu yang lebih saya khawatirkan atas kamu daripada angkatan laut (AL) masih angkatan darat (AD) dajjal? ’ kami menanggapi, ‘mau, ya rasulallah. ’ dia bersabda, ‘syirik khafi. ialah seorang mendirikan shalat, kemudian ia memperindah shalatnya karna terasa terdapat orang yang memandang shalatnya. ’” (hr. ibnu majah; shahih)
inilah perihal yang lebih dikhawatirkan rasulullah mengenai umatnya daripada datangnya dajjal. sririk khafi. syirik yang samar.
begitu samar dapat jadi orang tidak menyadari kalau pribadinya telah berbuat demikian. salah satu contohnya merupakan memperindah shalat karna terasa dilihat orang.
pada tulisan angkatan laut (AL) ma’un disebutkan kalau terdapat orang yang menunaikan shalat tetapi celaka. ialah orang yang lalai dalam shalatnya.
diantara wujud kelalaian itu merupakan dia melalaikan allah, namun malah memikirkan orang yang memandang shalatnya. dia tidak ingat allah, namun ingat betul terhadap manusia yang memandang pribadinya.
seberapapun bahaya dajjal, dia nampak dan juga mampu dikenal tanda - tandanya secara raga. tetapi soal syirik khafi ini, dia begitu halus sampai - sampai orang yang tengah shalat juga dapat terserang.
seberapapun bahaya dajjal, dia tidak dapat merambah makkah dan juga madinah. tetapi soal syirik khafi ini, dia dapat mengenai muslim mana juga tercantum yang tinggal di makkah dan juga madinah.
ayo kita berdoa mudah - mudahan dilindungi allah dari segala syirik, baik syirik yang terang - terangan (syirik jali) ataupun syirik yang samar - samar (syirik khafi) :
اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ أُشْرِكَ بِكَ وَأَنَا أَعْلَمُ ، وَأَسْتَغْفِرُكَ لِمَا لا أَعْلَمُ
“ya allah, saya berlindung kepada - mu dari perbuatan syirik yang kuketahui dan juga saya meminta ampun kepada - mu dari dosa syirik yang tidak kuketahui”.
wallahu a’lam bish shawab.
( sumber : http:// www. wajibbaca. com/2017/08/fitnah-akhir-zaman-ini-yang-lebih. html )