Mayoritas istri benar berlagak serupa ini, nsungguh kepo dengan tiap tindak - tanduk suaminya, sampai - sampai dari mulai isi sosmed suami, isi sms maupun aplikasi chatroom di hp suami, seluruhnya disadap alias ditilik satu - satu oleh istri tanpa sepengetahuan suami. sesungguhnya perihal ini diperbolehkan ataupun tidak?
tinjauan secara hukum
bila ditilik secara hukum, terdapat pasal 30 ayat (1) undang - undang 11 tahun 2008 tentang data dan juga transaksi elektronik (“uu ite”) yang dimaksudkan buat melindungi properti dan juga pula pribadi seorang.
cuma owner ataupun yang mempunyai hak yang mampu mengakses sesuatu sistem elektronik. tidak cuma itu, di dalam satu sistem elektronik ada data, dan juga masing - masing data mempunyai nilai, baik nilai yang bertabiat individu ataupun nilai murah, sampai - sampai pribadi dan juga kepentingan owner ataupun pihak yang berhak tersebut dilindungi oleh syarat pasal tersebut.
hendak namun, bila akses data dicoba oleh pendamping suami istri, terdapat pula pasal 1 angka 1 undang - undang no 1 tahun 1974 tentang pernikahan, perbuatan istri (dan juga suami) yang membuka hp ataupun sms kepunyaan suami (ataupun istri) tanpa sepengetahuan suaminya (ataupun istrinya) tidak mampu dikatakan melaksanakan perbuatan ‘tanpa hak’, sejauh perbuatan tersebut masih menggambarkan batasan yang normal. ruang lingkup ‘batas yang wajar’ mampu jadi kasus tertentu, dan juga wajib dimengerti permasalahan per permasalahan.
tinjauan secara agama
secara dalil agama, kita hendak menciptakan larangan rasulullah buat mencari - cari kesalahan keluarga seorang diri, terdapat baiknya berprasangka baik terlebih pada pendamping hidup seorang diri.
perihal ini dapat tercantum masalah tajassus, ialah mencari - cari kesalahan dan juga aib teman dan memata - matai apa yang mereka sembunyikan. pada asalnya, seluruh wujud tajassus diharamkan; karna seseorang muslim bersih dari aib dan juga masalah tercela.
dari jabir dia mengatakan, “rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang orang yang kembali dari ekspedisi jauh buat menghadiri keluarganya di malam hari dengan seketika karna menyangka mereka berkhianat ataupun buat mencari (memergoki) kesalahan - kesalahan mereka. ” (hr. muslim, nomor. 715)
hendak namun bila secara tidak terencana membuka hp pendamping, ataupun sempat peristiwa sebelumnya pendamping (baik suami maupun istri) melaksanakan pengkhianatan ataupun melaksanakan larangan allah, hingga semata - mata mengecek buat membenarkan suami tidak lagi melaksanakan perihal yang melanggar ketentuan allah, serupa menaruh video p0rn0 di hp, melaksanakan perselingkuhan lewat hp, dan juga lain sebagainya, perihal ini dapat dicoba.
tetapi tidak dengan hasrat mencari - cari kesalahan ataupun aibnya, melainkan dalam rangka silih menegaskan dalam kebenaran dan juga kesabaran, bukankah suami merupakan baju untuk istri dan juga demikian pula kebalikannya?
yang amat sempurna merupakan bila suami dan juga istri bersepakat bersama terbuka menimpa diperbolehkannya satu sama lain mengakses informasi dari hp tiap - tiap, sampai - sampai bersama silih membagikan keyakinan pada pendampingnya. bukankah hati lebih luas bila silih yakin?
wallaahualam.
( sumber: ruangmuslimah. co )
tinjauan secara hukum
bila ditilik secara hukum, terdapat pasal 30 ayat (1) undang - undang 11 tahun 2008 tentang data dan juga transaksi elektronik (“uu ite”) yang dimaksudkan buat melindungi properti dan juga pula pribadi seorang.
cuma owner ataupun yang mempunyai hak yang mampu mengakses sesuatu sistem elektronik. tidak cuma itu, di dalam satu sistem elektronik ada data, dan juga masing - masing data mempunyai nilai, baik nilai yang bertabiat individu ataupun nilai murah, sampai - sampai pribadi dan juga kepentingan owner ataupun pihak yang berhak tersebut dilindungi oleh syarat pasal tersebut.
hendak namun, bila akses data dicoba oleh pendamping suami istri, terdapat pula pasal 1 angka 1 undang - undang no 1 tahun 1974 tentang pernikahan, perbuatan istri (dan juga suami) yang membuka hp ataupun sms kepunyaan suami (ataupun istri) tanpa sepengetahuan suaminya (ataupun istrinya) tidak mampu dikatakan melaksanakan perbuatan ‘tanpa hak’, sejauh perbuatan tersebut masih menggambarkan batasan yang normal. ruang lingkup ‘batas yang wajar’ mampu jadi kasus tertentu, dan juga wajib dimengerti permasalahan per permasalahan.
tinjauan secara agama
secara dalil agama, kita hendak menciptakan larangan rasulullah buat mencari - cari kesalahan keluarga seorang diri, terdapat baiknya berprasangka baik terlebih pada pendamping hidup seorang diri.
perihal ini dapat tercantum masalah tajassus, ialah mencari - cari kesalahan dan juga aib teman dan memata - matai apa yang mereka sembunyikan. pada asalnya, seluruh wujud tajassus diharamkan; karna seseorang muslim bersih dari aib dan juga masalah tercela.
dari jabir dia mengatakan, “rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang orang yang kembali dari ekspedisi jauh buat menghadiri keluarganya di malam hari dengan seketika karna menyangka mereka berkhianat ataupun buat mencari (memergoki) kesalahan - kesalahan mereka. ” (hr. muslim, nomor. 715)
hendak namun bila secara tidak terencana membuka hp pendamping, ataupun sempat peristiwa sebelumnya pendamping (baik suami maupun istri) melaksanakan pengkhianatan ataupun melaksanakan larangan allah, hingga semata - mata mengecek buat membenarkan suami tidak lagi melaksanakan perihal yang melanggar ketentuan allah, serupa menaruh video p0rn0 di hp, melaksanakan perselingkuhan lewat hp, dan juga lain sebagainya, perihal ini dapat dicoba.
tetapi tidak dengan hasrat mencari - cari kesalahan ataupun aibnya, melainkan dalam rangka silih menegaskan dalam kebenaran dan juga kesabaran, bukankah suami merupakan baju untuk istri dan juga demikian pula kebalikannya?
yang amat sempurna merupakan bila suami dan juga istri bersepakat bersama terbuka menimpa diperbolehkannya satu sama lain mengakses informasi dari hp tiap - tiap, sampai - sampai bersama silih membagikan keyakinan pada pendampingnya. bukankah hati lebih luas bila silih yakin?
wallaahualam.
( sumber: ruangmuslimah. co )